get app
inews
Aa Read Next : BRK Reborn, Bondowoso Speciality Coffee  Bangkitkan Ekonomi Pegiat Kopi Nusantara

Polres Bondowoso Ringkus 10 Pelaku Pencurian di Gudang Kopi PTPN 12 Sempol

Selasa, 11 April 2023 | 14:50 WIB
header img
Foto : Ilustrasi

Bondowoso, iNewsBondowoso.id-   Aparat Kepolisian dari Satreskrim Polres Bondowoso berhasil mengamankan para pelaku pencurian di Gudang kopi PTPN 12 Sempol Bondowoso. Para pelaku yang telah melakukan aksinya cukup lama ini, berhasil diringkus dirumahnya masing - masing.

Aparat melakukan penangkapan terhadap 10 orang tersangka yang diduga telah melakukan tindak pidana Pencurian dengan pemberatan. Para pelaku ini mencuri di Gudang penyimpanan kopi milik PTPN 12 Kebun Kalisat Jampit.

Aksi pencurian dilakukan selama kurun waktu Bulan Januari hingga Desember Tahun 2022. Para pelaku tersebut bersama - sama melakukan aksinya atas perintah  tersangka berinisial SY  untuk melakukan pencurian olahan biji kopi kering atau green bean di dalam  gudang penyimpanan kopi.

Para pelaku melakukan aksinya sesuai dengan tugas masing-masing yang sebelumnya sudah dikoordinir oleh tersangka SY. Modus operandi yang dilakukan yaitu diawali salah satu pelaku yang merupakan  pihak keamanan mengambil kunci gudang yang ada di pos kemananan dan membuka pintu gudang penyimpanan kop.

Selanjutnya setelah pintu gudang terbuka, beberapa tersangka masuk ke dalam gudang dan membawa   15 karung kopi  dengan menggunakan argo. Lalu para pelaku tersebut   melemparkan karung berisi kopi tersebut ke luar pagar area PTPN 12.

Diluar pagar belakang sudah menunggu beberapa tersangka untuk membawa karung kopi tersebut ke lapangan  Desa Kalisat dengan menggunakan 3 unit sepeda motor. Lalu  dimasukan ke dalam mobil Phanter dan dibawa oleh tersangka SY untuk dilakukan penjualan di wilayah Kecamatan Sumberwringin.


Akibat pencurian ini,  pihak PTPN 12  mengalami kerugian hingga Rp. 985.096.000. Total jumlah olahan kopi kering (Green bean) yang dicuri  yaitu  10  Ton.

"Saat ini semua pelaku sudah kami tahan untuk menjalani proses selanjutnya," tegas Kasat Reskrim Polres Bondowoso AKP. Agus Purnomo, SH.


Pihak Kepolisian juga masih terus mendalami kasus ini dengan memeriksa sejumlah saksi - saksi. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut