get app
inews
Aa Read Next : Geger !! Kambing dan Domba Warga Ijen Mati Misterius, Belum Diketahui Penyebabnya

Berkah Ramadhan, Hobi Unik Peternak Laba-laba Hasilkan Omset Jutaan Rupiah

Sabtu, 01 April 2023 | 12:51 WIB
header img
Hewan Laba - laba di Tempat Penangkaran

Situbondo, iNewsBondowoso.id-  Bulan suci ramadhan  membawa berkah tersendiri bagi seorang peternak laba-laba di Situbondo. Bisnis menjual hewan laba - laba jenis lokal dan impor miliknya beromset Jutaan Rupiah Perbulan. Meski begitu untuk memelihara hewan tersebut membutuhkan ketelitian yang super ekstra.

Farid agung warga Kelurahan Patokan Kecamatan Kota Situbondo menekuni usaha anti mainstream sebagai peternak hewan laba-laba. Pria berusia 30 Tahun ini  sudah mengeluti bisnisnya sejak 5 Tahun yang lalu.

Untuk membesarkan Ratusan anak -anak laba -laba berkualitas super  tidaklah mudah. Peternak harus memiliki kesabaran super ekstra. Satu - persatu anakan laba-laba diberi makan serangga kecil.

Saat ini  ada 2 jenis laba-laba yang dipelihara yaitu jenis Phodippus Regius yang berasal dari Amerika. Juga laba-laba lokal  dengan nama latin Hyllusdiardi.

Meski ukuran serangga ini sangat mungil, namun omset penjualan bisnis ini cukup menjanjikan. Dalam sebulan rata-rata bisa mendapat keuntungan Lima Juta Rupiah perbulan. Biasanya pembeli berasal dari komunitas fotografer macro dari berbagai Kota.

"Awalnya hobi dan setelah saya tekuni malah bisa menghasilkan keuntungan. Ada 2 jenis laba - laba yang saya jual yaitu lokal dan luar negeri. Untuk kisaran harga yaitu antara 100 Ribu hingga 200 Ribu Rupiah tergantung jenisnya," ujar Farid agung, Peternak laba-laba.

Pembeli laba-laba hasil ternakan biasanya dimanfaatkan sebagai objek foto. Hasil karya jepretan hewan kecil ini kemudian dijual kembali ke sejumlah platfrom di internet.

Berbisnis laba-laba sangat menguntungkan,  dikarenakan orang yang melakukan peternakan hewan ini  masih sedikit. Dengan makin banyak orang yang menyukai hewan tersebut peternak tak perlu dipusingkan sebab  setiap indukan bisa menghasilkan Ratusan butir telur anakan. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut