Logo Network
Network

Sering Alami Krisis, Warga Desa Jeruk Soksok Akhirnya Bisa Pakai Air Bersih untuk Mencuci

Riski Amirul
.
Senin, 30 Januari 2023 | 12:55 WIB
Sering Alami Krisis, Warga Desa Jeruk Soksok Akhirnya Bisa Pakai Air Bersih untuk Mencuci
Masyarakat saat foto bersama di depan tandon air. Foto: ist

BONDOWOSO, iNewsBondowoso.id -  Setelah puluhan tahun mengalami kesulitan air bersih, akhirnya warga Dusun Kemirian Desa Jeruk Soksok Kecamatan Binakal akhirnya bisa bernafas lebih lega. Setelah air dari sumur di tempat tersebut ditampung dalam tandon berukuran besar.

Tandon air tersebut bisa menjangkau sebanyak 123 kepala keluarga, dialirkan menggunakan 1264 meter ke 93 rumah warga. Kurang lebih ada 350 jiwa yang dapat menikmati air bersih ini. Air yang dialirkan itu berasal dari sumur tua milik warga setempat. Uniknya, meski musim kemarau airnya tetap mengalir dan jernih.

Abdurahman, Salah seorang tokoh masyarakat Desa  mengatakan, sebelum ada tandon berukuran 5300 liter itu, warga biasanya mengambil air dari sungai dan kali yang ada. Meskipun airnya terbilang cukup keruh, masyarakat menggunakannya untuk mandi, mencuci dan lain sebagainya.

“Kami sebelumnya menggunakan   pipa yang disalurkan oleh desa. Kalau gak cukup ya terpaksa pakai air sungai,” ujarnya.

Dengan adanya tandon air bersih tersebut, Rahman mengaku cukup terbantu dalam mendapat air bersih. Karena sebelumnya, sejumlah warga memang cukup mengeluhkan air bersih yang sangat minim.

Ternyata tandon tersebut dibangun dengan bantuan dari Ahlul Bait Indonesia (ABI). Mereka menghimpun dana dari para donatur, sebelum akhirnya digunakan untuk kegiatan sosial. Seperti pembuatan saluran air dan tandon air tersebut.

Ketua DPW ABI Jatim Abdillah Ba'abud mengatakan, untuk pembangunan tandon dan saluran air bersih tersebut, tidak ada sama sekali bantuan dari pemerintah. Meski begitu, pihaknya mengaku tidak menutup diri jika ada yang ingin memberikan bantuan.

“Program kami yang terus digenjot, adalah berbagi kebaikan dengan seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Abdillah juga berharap penyaluran air bersih ini, diharapkan mampu meringankan beban dari masyarakat. Minimal bisa digunakan untuk mencuci, air minum dan lain sebagainya. Mengingat sebelumnya, warga kesulitan untuk air minum. Kemudian untuk mencuci, mandi dan lainnya. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News

Bagikan Artikel Ini