Logo Network
Network

Peringati Tragedi Gerbong Maut, Pelajar di Bondowoso Lakukan Aksi Teatrikal Jalanan

Riski Amirul Ahmad
.
Rabu, 23 November 2022 | 16:35 WIB
Peringati Tragedi Gerbong Maut, Pelajar di Bondowoso Lakukan Aksi Teatrikal Jalanan
Para Pelajar Saat Melakukan Aksi Teatrikal Peristiwa Gerbong Maut

Bondowoso, iNewsBondowoso.id – Peringati peristiwa heroik Gerbong Maut, sejumlah pelajar berpakaian ala pejuang kemerdekaan berjalan menyusuri jalanan kota Bondowoso.

Para pelajar ini melakukan aksi napak tilas dengan rute Lapas Bondowoso, menyusuri jalanan protokol kota hingga finish di stasiun Bondowoso.

Saat tiba di Stasiun Bondowoso, para pelajar berasal dari sejumlah sekolah tersebut pun melanjutkan aksinya. Yakni melakukan aksi teatrikal kisah tentang tragedi Gerbong Maut di selasar stasiun yang kini sudah tidak aktif.


"Kami mengapresiasi kegiatan yang dilakukan para pelajar ini. Selain untuk mengenang peristiwa sejarah, kegiatan ini juga untuk membangun jiwa patriotisme kepada generasi muda," kata Kepala Daop IX Jember, Broer Rizal, ketika dikonfirmasi di stasiun Bondowoso, Rabu (23/11/2022).


Pada peringatan tragedi Gerbong Maut ini pihaknya juga melakukan re-opening Museum Kareta Api yang merupakan satu-satunya di Jawa Timur.


"Kami juga ingin memberi edukasi pada anak-anak tentang sejarah perkeretaapian di Indonesia, sekaligus mengenang tragedi gerbong Maut," pungkas Broer Rizal.


Pantauan di lokasi, dalam melakukan aksi teatrikal perjuangan puluhan pelajar juga beramai-ramai mendorong gerbong ada di stasiun.


Tindakan tersebut sebagai gambaran, bahwa seratusan pejuang kemerdekaan akhirnya tewas di dalam gerbong saat mereka hendak dipindahkan ke Surabaya menggunakan kereta api.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.