get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Warga Gelar Aksi Dukung Palestina dan Bakar Bendera Israel

Daftar Negara yang Membenci Indonesia dengan Alasannya, Nomor 3 Tetangga Sendiri

Minggu, 23 Oktober 2022 | 16:35 WIB
header img
Potret negara Vanatu yang kerap ikut campur urusan Indonesia. Foto: Dok SINDOnews

JAKARTA, iNewsBondowoso.id - Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki citra baik di mata dunia. Tak hanya itu, image sebagai negara ramah pun juga begitu melekat bagi Indonesia.

Sayangnya, kebaikan Indonesia tidak dilihat oleh semua negara. Nyatanya, negara-negara maju seperti Australia pun masih menyimpan kebencian untuk Indonesia.

Lantas, negara mana dan apa saja alasan mereka membenci Indonesia?

Dilansir dari laman MPI, berikut ini adalah negara yang membenci Indonesia dengan berbagai alasan yang cukup mengerikan.

5 Negara yang Membenci Indonesia

1. Salomon

Kepulauan Solomon menjadi salah satu negara yang membenci Indonesia. Alasannya? Negara ini merupakan pendukung perpecahan Papua dari Indonesia.

Kepulauan Salomon bahkan kerap menyoroti isu pelanggaran HAM di Papua Barat yang berkaitan dengan Indonesia. 

Lebih dari itu, Kepulauan Salomon diketahui juga kerap menekan Perhimpunan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk melakukan penyelidikan mendalam terhadap masalah tersebut.

2. Vanatu

Sama seperti Salomon, negara kepulauan yang berada di Samudra Pasifik Selatan ini diketahui juga membenci Indonesia.

Dalam riwayatnya, Vanatu kerap disebut sebagai pendukung kemerdekaan Papua Barat. Sebagai pendukung kemerdekaan Papua, Vanuatu juga kerap menyerempet isu pelanggaran HAM yang ditujukan kepada Indonesia di sidang PBB. 

Atas sikapnya tersebut, Diplomat Indonesia Silvani Pasaribu pernah menyebut bahwa mereka memiliki obsesi berlebih, sehingga kerap melakukan tindak provokasi.

3. Myanmar

Bukan main, hubungan Indonesia dengan Myanmar sebagai negara tetangga beberapa waktu terakhir ini dianggap sedang tidak terlalu baik. 

Kasus kekerasan dan penganiayaan terhadap kelompok Rohingya adalah alasan paling relevan yang jadi penyebabnya.

Akibat kejadian mengerikan ini, Indonesia juga menyoroti bagaimana tindakan pemerintah Myanmar yang terkesan membiarkan masalah tersebut tanpa penyelesaian yang jelas. Selain itu, tak jarang juga Indonesia ikut mengangkat kasus Rohingnya ini di forum PBB.

4. Australia

Sebagai nagara maju, Australia tidak terlalu menyukai Indonesia karena berbagai alasan.

Mulai dari bidang politik, sosial, hingga hubungan luar negeri. Salah satu di antaranya adalah kebijakan Indonesia yang tak takut untuk menerapkan hukuman mati bagi pengedar narkoba dari Australia.

5. Israel

Israel sebagai negara dengan mayoritas penduduknya yang beragama Yahudi diketahui memiliki konflik berkepanjangan dengan Palestina. 

Karenanya, Indonesia sangat mendukung Palestina untuk segera bebas dari belenggu Israel. Terlebih, sejak dulu Indonesia juga tidak pernah memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Tel Aviv.

Itulah beberapa negara yang ternyata membenci Indonesia dengan alasannya. Semoga hubungan antar negara masih bisa saling menunjang satu sama lain.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut