get app
inews
Aa Read Next : Petugas Gabungan Patroli Kawasan Konservasi Cegah TN Baluran Rusak

Keutamaan Sabar dalam Islam Beserta Dalilnya

Kamis, 20 Oktober 2022 | 11:29 WIB
header img
Penyabar atau mengendalikan emosi dapat mendapatkan banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Foto: Istimewa

BONDOWOSO, iNewsBondowoso.id - Sabar memiliki arti yang sangat luas seperti menahan diri dan hawa nafsu. Menahan diri dari hal-hal yang dilarang oleh Allah, serta menahan diri dari situasi atau keadaan yang sulit yang merupakan sebuah ujian yang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya.

Sabar sendiri memiliki keutamaan yang sangat besar, karena sabar adalah perilaku mulia yang harus dilakukan oleh semua orang. Berikut ini adalah beberapa keutamaan dari sifat sabar dalam agama islam.

3 Keutamaan Bersabar dan Dalilnya

Orang Sabar akan Mendapatkan Pahala Tak Terbatas

Keutamaan sabar yang pertama adalah Allah akan memberikan pahala tanpa batas pada hambanya yang senantiasa bersabar. hal ini dijelaskan pada Q.S Az-Zumar (10).

قُلْ يٰعِبَادِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوْا رَبَّكُمْ ۗلِلَّذِيْنَ اَحْسَنُوْا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗوَاَرْضُ اللّٰهِ وَاسِعَةٌ ۗاِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُوْنَ اَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ - ١٠

Artinya : "Katakanlah (Muhammad), "Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu." Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas."

Orang Sabar akan Memiliki Tempat yang Tinggi di Surga
Allah akan memberikan akan memberikan tempat dan martabat yang tinggi di surga pada hambanya yang senantiasa bersabar. hal ini dijelaskan dalam Q.S Al-Furqan (75).

أُو۟لَٰٓئِكَ يُجْزَوْنَ ٱلْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا۟ وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلَٰمًا

Artinya : "Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.”

Editor : Taufik Hidayat

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut