Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Cinta NKRI, SIT Bondowoso Gelar Festival Merah Putih

Riski Amirul
Siswa Sekolah Islam Terpadu Saat Mengikuti Kegiatan Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia

Bondowoso, INewsBondowoso -  Perayaan kemerdekaan Bangsa Indonesia menjadi momen yang dinantikan bagi banyak kalangan.

Dalam perayaan ini banyak dilaksanakan perlombaan, peringatan pahlawan, dan kegiatan lain yang bertujuan mengenang pengorbanan pejuang kemerdekaan Indonesia.

Untuk menunjukkan dan menanamkan jiwa nasionalisme tersebut, SMP IT Bina Insan Cemerlang 1 & 2, dan SMA IT Insan Cemerlang menggelar Festival Merah Putih pada 15-17 Agustus 2024.

Banyak acara yang digelar yaitu kegiatan perlombaan, upacara pramuka dan upacara kemerdekaan HUT RI ke-79.

Perlombaan yang diadakan pun tak kalah seru. Masing-masing sekolah mengadakan perlombaan peringatan Hari Pramuka Nasional, lomba Tilawatil Qur’an, cipta puisi, paduan suara, lomba tempeh, lomba bakiak, lomba memasukkan paku dalam botol dan Jalan Jalan Sehat.

Selain itu juga lomba karikatur, cerdas cermat, cipta puisi, dan orasi kemerdekaan. Masing-masing lomba terdapat juri yang menilai siswa-siswa tersebut.

Antusiasme seluruh siswa dan guru sangat luar biasa, bahkan guru-guru pun tak mau kalah dan mengikuti serangkaian perlombaan untuk memeriahkan suasana dengan sumringah dan penuh canda tawa.

Beragam perlombaan yang diadakan tentunya bertujuan untuk mengasah skill kerjasama, kreativitas, dan menguji seberapa paham siswa dengan jasa pahlawan Indonesia terhadap kemerdekaan Indonesia.

Pada hari kemerdekaan 17 Agustus 2024, seluruh siswa  mengadakan Upacara HUT RI di sekolah masing-masing baik SD IT Kuntum Insan Cemerlang, SMP IT Bina Insan Cemerlang 1 & 2, serta  SMA IT Insan Cemerlang.

Para siswa mengenakan pakaian adat khas Indonesia dalam upacara tersebut.

Kepala Sekolah SMP IT, Andika Firdaus Yulianto, S.Pd. mengungkapkan dengan diadakannya Festival Merah Putih di kalangan siswa atau pelajar ini mampu mencetak generasi yang menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945 dengan sebaik-baik penerapan serta mampu merdeka dari segala penyimpangan.

“Merdeka 79 Tahun dan Ibu Pertiwi ini masih menunggu karya terbaik dari para pemudanya. Pada kalianlah harapan ini bertumpu. Semoga kalianlah jawaban dari do’a dan pengorbanan pahlawan untuk memamurkan dan menjaga keutuhan NKRI," ungkapnya.

Diharapkan masyarakat Indonesia pada HUT RI ke-79 ini, mampu menjadi kontributor kemerdekaan dari segala aspek sesuai dengan kompetensi.

Mampu merdeka dari ketergantungan pada dunia, ketergantungan pada popularitas, dll. Mampu merdeka dan sejahtera dunia akhirat.



Editor : Riski Amirul Ahmad

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network