Bondowoso Gelar Festival Kopi Nusantara  Cari Barista Terbaik

Riski Amirul Ahmad
Dewan Juri Saat Menilai Racikan Kopi Para Barista

Bondowoso, iNewsBondowoso.id – Pagelaran Festival Kopi Nusantara (FKN) digelar di Bondowoso. Sejumlah Barista  berkumpul untuk berkompetisi merebutkan gelar terbaik.

Ada 3 kategori yang dilombakan untuk para barista ini, yaitu cita rasa kopi, cup tester, &  manual brewing.

Sejumlah barista yang hadir berasal dari berbagai kota di Indonesia antara lain yaitu Temanggung, Batam, Sulawesi Selatan hingga beberapa kota di Jawa Timur. Mereka berkompetisi dengan membawa alat dan biji kopi sendiri.


Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Bondowoso, Hendrik Widotono mengungkapkan  kompetisi barista digelar sebagai bagian dari Festival Kopi Nusantara (FKN) di Bondowoso.


"Kopi hari ini menjadi komoditi utama masyarakat. Bondowoso sendiri merupakan salah satu penghasil kopi dengan kualitas terbaik. Oleh karena itu kegiatan ini  sebagai langkah untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat di bidang kopi," ungkapnya.


Hendri juga mengatakan penanganan biji kopi bukan hanya di hilir atau di pasaran, tapi juga di sektor hulu. Caranya dengan memilih biji kopi yang diminati pasar. Menurutnya, hulu dan hilir harus sama-sama ditangani dengan baik.


Juri dalam kompetisi meramu kopi ini di antaranya dari Pusat Penelitian Koka (kopi dan kakao) Jember, serta dari pihak PTPN XII.


Dewan juri kemudian menilai satu persatu kopi hasil racikan para barista papan atas ini. Para peserta berkompetisi dalam meramu, menguji cita rasa kopi, hingga mencampur kopi dan siap disajikan.


Para barista asal sejumlah daerah di Indonesia dan memang peracik kopi jempolan tersebut berkompetisi untuk menyajikan hasil racikan kopinya. Seduhan kopi itu lantas dinilai oleh dewan juri.



Editor : Riski Amirul Ahmad

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network