get app
inews
Aa Read Next : Viral !! Terekam CCTV Aksi Pencurian Motor Gagal Setelah Diketahui Sang Pemilik

Viral Caleg Rela Jual Ginjal Untuk Biaya Kampanye, Berikut Kisaran Biaya Untuk Pencalegan !!

Selasa, 16 Januari 2024 | 19:35 WIB
header img
Erfin Dewi Sudanto, Caleg Viral Jual Ginjal Untuk Kampanye

Bondowoso, iNewsBondowoso -  Viral, Seorang Calon Legislatif (Caleg) di Bondowoso rela menjual ginjalnya demi membiayai pemenangan dan kampanye. Untuk membuktikan keseriusannya,  caleg tersebut membuat surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani.

Belum banyak yang tahu, selama ini berapa biaya yang dibutuhkan untuk kontestasi pemilihan legislatif di tingkat Kabupaten. Beberapa sumber di kalangan legislatif  mengaku jika selama ini dibutuhkan biaya minimal Rp. 300 Juta untuk lolos hingga kursi DPRD.


"Ya memang di kisaran itu, tapi semua tergantung strategi masing - masing," ungkap Samsul Tahar, salah seorang anggota DPRD Bondowoso periode 2019-2024.

Namun jika strategi yang dilakukan kepada masyarakat lebih baik dan efektif tentu biayanya tidak sebesar itu. Kabupaten Bondowoso sendiri  total ada 607.928 DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang terdiri dari laki-laki 293.790 orang dan perempuan 314.138 orang.


Diberitakan sebelumnya  sosok Erfin Dewi Sudanto,  warga Desa Bataan Kecamatan Tenggarang Bondowoso mengaku rela menjual ginjalnya untuk membiayai pemenangan dan kampanye ke masyarakat. Hal tersebut dilakukan karena dirinya tidak memiliki biaya besar untuk duduk di kursi parlemen.

Selama ini sudah menjadi hal lumrah jika maju mencalonkan diri untuk ikut kontestasi politik menghabiskan biaya Ratusan Juta hingga Milyaran Rupiah.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut