get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Melahap Dua Rumah, Uang dan Perhiasan Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

88 Hektare TN Baluran Situbondo Terbakar,  Kawasan Ditutup Untuk Umum

Kamis, 28 September 2023 | 12:55 WIB
header img
Petugas Gabungan Saat Menuju Lokasi Titik Api TN Baluran

Situbondo, iNewsBondowoso -  Kebakaran hutan terjadi di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo. Sekitar 88 hektare   lahan di zona inti dan zona rimba ludes di sapu si jago merah. Sejumlah petugas dikerahkan untuk memadamkan api.

Kawasan TN Baluran mengalami kebakaran sejak beberapa hari terakhir. Sebanyak 60 orang personil  dari relawan peduli api dan masyarakat sekitar diterjunkan  untuk memutus mata rantai kobaran api.

Petugas telah melakukan penyekatan kurang lebih 6 Km dengan membentuk ilaran api. Dari total 4 titik api yang terpantau, petugas  mampu mengisolir 2 titik api. Tim dibagi menjadi 2  untuk  memadamkan 4 titik di sisi barat dan selatan kawasan yang terbakar.

Untuk menuju lokasi,   petugas harus berjalan kaki lebih dari 1,5  jam untuk tiba di titik api. 4 titik bisa dijangkau mereka karena berada di kaki bukit gunung baluran. Sementara 1 titik lokasinya tidak bisa dijangkau lantaran tebing curam lereng gunung.


Petugas mengendalikan kebakaran hutan  dengan cara melakukan sekat bakar yaitu dengan membersihkan bahan baku yang belum terbakar dari kobaran api dengan cara di sapu. Hal  ini lebih efektif karena  susahnya suplay air ke lokasi titik api

"Hari ini kami terus melakukan pemadaman, personil kita bagi menjadi 2 tim," ungkap  Probo Wresni Adji,  Kasubag TU TN Baluran.

Sebelumnya kebakaran di hutan taman nasional baluran terjadi sejak senin siang. Upaya pemadaman pun terus dilakukan dengan mengerahkan seluruh personil.

Kondisi ini membuat wisata taman nasional baluran pun ditutup sementara hingga 30 September mendatang. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut