get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Melahap Dua Rumah, Uang dan Perhiasan Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Total Areal Kebakaran Hutan Lindung Ijen Capai 10 Hektar

Selasa, 27 Juni 2023 | 13:55 WIB
header img
Petugas BPBD Saat Melakukan Pemadaman Hutan Lindung Ijen Yang Terbakar

Bondowoso, iNewsBondowoso -    Peristiwa kebakaran hutan terjadi di areal Kawasan Ijen pada Senin Malam sampai sekarang.  Hingga saat ini total areal kawasan yang terbakar mencapai 10 Hektar lebih.

Kobaran api terlihat di petak 101 C, areal hutan  lindung kawasan Curah Penai Dusun Curah Macan Des Kalianyar  Kecamatan Ijen. Vegetasi yang terbakar yaitu ilalang.

Berdasarkan laporan yang diterima total areal kawasan hutan yang terbakar yaitu 10 Hektar lebih. Sebelumnya, perkiraan luas area yang terbakar adalah sekitar 5 hektar. Namun, setelah pemantauan lebih lanjut, estimasi tersebut berubah.

Lokasi karhutla di kawasan pegunungan Ijen tersebut sulit dijangkau, sehingga menyulitkan petugas dalam melakukan pemadaman.



Penanganannya melibatkan sejumlah elemen lintas, termasuk Pemdes Kalianyar, BPBD, Perhutani KPH Ijen, Koramil, Polsek, Kecamatan Ijen, dan Satpol PP. Selain itu, Agisena 5.5 BPBD Jawa Timur dan masyarakat sekitar yang terdampak Karhutla juga terlibat, dan kendaraan pendukung dari BPBD juga telah disiagakan

"Anggota kami saat ini masih berada di lokasi kebakaran, kami bagi beberapa tim untuk memudahkan penanganan," ungkap Kalaksa BPBD Kabupaten Bondowoso Mahfud Junaedi.

Penyebab Karhutla di kawasan pegunungan Ijen tersebut masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh pihak terkait.


Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut