get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Melahap Dua Rumah, Uang dan Perhiasan Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Kebakaran Hutan  Hanguskan TN Baluran Capai 1,9 Hektar

Senin, 12 Juni 2023 | 13:43 WIB
header img
Titik Api Yang Melahap Hutan TN Baluran

Situbondo, iNewsBondowoso.  Peristiwa kebakaran terjadi di areal hutan  Nasional Baluran Situbondo. Api melahap semak, rumput serta ranting pohon yang berada di tepi jalur Pantura. Data sementara menunjukkan luas lahan yang terbakar sekitar 1,9 hektare.

Menurut data yang dikumpulkan oleh BPBD Situbondo, kebakaran terjadi di Blok Pengarengan RPTN Watutumpuk, TN Baluran. Lokasi ini berada di Desa Sumberwaru, Banyuputih, Situbondo.

Si jago merah telah  berhasil dipadamkan. Meski begitu cakupan hutan yang terbakar cukup luas yaitu  sekitar 1,9 hektare. BApi mulai membesar sekitar pukul 20.30 WIB. Angin kencang membuat api menyebar ke beberapa titik. Lokasi ini terletak pada koordinat 7.808017 LS dan 114.310941 BT.

Setelah mendapat informasi kebakaran, pihak BPBD segera berkoordinasi dengan pihak Perhutani, TNI/Polri setempat, dan relawan. Pemadaman dilakukan secara manual dengan menggunakan gepyok dan dibantu oleh alat jet shooter.

"Petugas gabungan langsung bergerak dan melakukan pemadaman, tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, "ungkap Kabid Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono.

Meski telah padam, pembasahan dan penyekatan area terus dilakukan untuk mencegah kemunculan dan penyebaran api. Kebakaran permukaan ini terjadi setelah api membakar semak, rumput, dan ranting. Karena adanya angin kencang, api terus meluas.


Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut