get app
inews
Aa Read Next : Sekolah SDN Pakisan 04 Ambruk Akibat Angin dan Hujan Deras

Puluhan Siswa SD Ikuti Sekolah Tangguh Bencana, Diajarkan Mitigasi Dan Memasak Di Dapur Umum

Rabu, 31 Mei 2023 | 13:17 WIB
header img
Kegiatan Sekolah Tangguh Bencana SDN Selolembu

Bondowoso, iNewsBondowoso.id-  Puluhan siswa - siswi Sekolah Dasar di Kabupaten Bondowoso mengikuti sekolah tangguh bencana. Para siswa diajarkan ilmu dasar tentang kebencanaan salah satunya memasak di dapur umum.

Beginilah keseruan dan antusiasme  siswa SDN Selolembu Kecamatan Curahdami. Sekolah ini  merupakan sekolah tangguh bencana  atau Segana,  satu-satunya di Jawa timur. SD ini  juga satu-satunya di Jatim yang mengukuhkan sekolah tangguh bencana yang sudah memasukkan kurikulum kebencanaan sejak Bulan April Tahun lalu.

Segana merupakan wujud nyata untuk melindungi dan menjaga keselamatan melalui praktek budaya sadar bencana di tingkat sekolah dengan mengutamakan kesiapsiagaan pada saat sebelum dan setelah terjadi bencana.


Diharapkan Segana dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat sampai ke tingkat yang paling bawah yaitu anak usia dini sudah mampu mengenal tanda-tanda akan terjadinya bencana alam.

Selain itu para siswa juga diajarkan ilmu dasar tentang kebencanaan salah satunya memasak di dapur umum. Para siswa pun mengaku senang mengikuti kegiatan ini.

"Tadi saya diajarkan tentang ilmu dasar kalau ada bencana, sangat bermanfaat," ujar Daffa, Siswa SD.

Tidak hanya  siswa,  para  guru juga diberikan kemampuan bagaimana menghadapi bencana terutama di saat jam pelajaran.


"Kegiatan ini untuk meminimalisir  korban jiwa akibat bencana, melalui kesiapsiagaan baik pra dan pasca bencana, " ungkap Catur Mega Sofianto, Kepala Sekolah SDN Selolembu.

Sekolah tersebut juga bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat dalam hal pemberian materi hingga praktek penanganan kebencanaan.

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut