get app
inews
Aa Read Next : H-1 Idul Fitri, PJ Bupati Bondowoso  Lakukan Sidak ke Sejumlah Titik Perbaikan Jalan Rusak

Sidak Mamin, Petugas Gabungan Temukan Produk Kadaluarsa dan Kemasan Rusak

Senin, 10 April 2023 | 15:39 WIB
header img
Petugas Gabungan Saat Melakukan Sidak Makanan dan Minuman di Sebuah Minimarket

Bondowoso, iNewsBondowoso.id-   Petugas gabungan melakukan inspeksi mendadak atau razia makanan dan minuman yang di jual di sejumlah  toko. Petugas menemukan makanan dan minuman kadaluarsa serta kemasan rusak namun masih di jual kepada konsumen.

Inspeksi mendadak makanan dan minuman ini dilakukan oleh petugas gabungan dari Dinas Kesehatan,   Satpol PP dan Diskoperindag Bondowoso. Sasaran sidak adalah sejumlah toko di wilayah kota.

Satu - persatu makanan dicek oleh petugas mulai dari masa kadaluarsa, kemasan dan ijin produksi. Dari kegiatan ini masih banyak ditemukan makanan dan minuman kadaluarsa maupun kemasannya rusak namun masih dijual kepada konsumen.

Selain itu  sejumlah makanan diketahui non aktif ijin produksinya. Masyarakat diharapkan lebih berhati-hati saat berbelanja untuk selalu melihat masa kadaluarsa dan kondisi kemasan produk. Temuan barang tersebut selanjutnya di data petugas dan dibawa untuk dimusnahkan.

"Kami melakukan sidak dalam rangka untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam berbelanja kebutuhan lebaran," ungkap  Agus winarno, PLT Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso.

Razia makanan saat ramadhan hingga jelang lebaran ini bertujuan untuk menekan peredaran produk kadaluarsa karena sangat berbahaya jika dikonsumsi.  Sering kali momen jelang lebaran dimanfaatkan pedagang maupun produsen nakal untuk mendapatkan keuntungan lebih. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut