get app
inews
Aa Read Next : Menilik Kerajinan  Marmer, Ikon Perekonomian Warga Desa Koncer Kidul Bondowoso

Bulan Sya'ban, Warga Gelar Upacara Adat Desa Air Nangger

Jum'at, 10 Maret 2023 | 15:41 WIB
header img
Warga Saat Menggelar Upacara Adat Desa

Bondowoso, iNewsBondowoso.id-  Untuk meminta limpahan rejeki dan keselamatan kepada yang kuasa di bulan Sya'ban, Ratusan warga Desa Blimbing Kecamatan Klabang Bondowoso menggelar upacara adat Desa yang bernama Air Nangger. Adat ini yaitu mempersembahkan berbagai macam hasil bumi yang dilarungkan ke Sungai.

Ritual upacara adat bersih Desa Blimbing  yang ke 532 ini di awali dengan arak – arakan warga dengan membawa berbagai jenis hasil bumi menuju tempat yang di keramatkan yaitu Nangger. Nangger merupakan tempat ritual untuk melarungkan sesaji hasil bumi yang di istilahkan dengan umbul air Nangger di sungai yang ada di desa setempat.

Sebelum melarungkan sesaji hasil bumi, masyarakat terlebih dahulu berdoa bersama dengan di pimpin sesepuh adat  untuk mendoakan arwah nenek moyang dan juga meminta keselamatan serta limpahan rezeki bagi masyarakat Desa Blimbing. Setelah berdoa bersama  kemudian masyarakat melarungkan sesaji dari hasil bumi. Setelah prosesi Nangger selesai kemudian di lanjutkan dengan makan -makan bersama.

"Kegiatan ini rutin digelar dengan harapan Desa kami selamat dari segala bencana," ujar Samin, Kepala Desa Blimbing.

Upacara adat desa  ini di adakan setahun sekali pada tiap pertengahan Bulan Sya’ban. Warga rela beramai – ramai memeriahkan upacara adat ini dengan bersedekah  karena warga yakin dengan banyak bersedekah akan mendapatkan limpahan rejeki dan juga keselamatan dari yang kuasa. 

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut