get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Beruntun Jalur Pantura Situbondo,  4 Orang Tewas

Fase New Moon, 2 Kecamatan di Situbondo Dilanda Banjir Rob

Sabtu, 24 Desember 2022 | 10:31 WIB
header img
Banjir Rob yang Terjadi di Pesisir Situbondo

Situbondo, iNewsBondowoso.id -  Fase New Moon atau bulan baru,  berdampak terjadinya banjir rob di pesisir pantai Situbondo. Terjadinya air laut pasang hingga melebihi daratan  meluber di kecamatan Besuki dan Panarukan. Genangan air laut masuk ke  rumah warga, sejumlah perahu milik nelayan juga kandas.

Ombak besar menerjang tangkis laut  di kecamatan Besuki pada Jumat malam (23/12).  Banjir rob hingga meluber ke pemukiman  warga. Tampak dalam rekaman kamera handphone milik warga setempat  terjangan air laut terus berulang kali menghantam dinding tembok penangkis laut.

Akibatnya air laut pun meluber dan menggenangi pemukiman rumah warga di 2 kecamatan.  Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo mencatat hampir 150 rumah tergenang banjir rob.

Rumah itu tersebar di 2 kecamatan terparah di kecamatan Besuki,  desa pesisir Besuki  dan desa Demung. Luapan air laut dampak new moon juga menggenangi  desa Kilensari kecamatan Panarukan.

Ketinggian genangan air laut di jalan desa dan halaman rumah mencapai 30 Cm atau setinggi lutut orang dewasa.  Sedangkan tinggi air laut yang meluber ke dalam rumah warga mencapai 10 Cm.

Fenomena banjir rob new moon atau bulan baru  berimbas beberapa perahu milik nelayan baik di kecamatan Besuki dan kecamatan Panarukan karam. Para pemilik menambatkan perahu di sore hari sedangkan banjir rob datang pada malam hari.

Puriyono,  Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan akan cuaca ekstrim.

"Beberapa waktu terakhir cuaca buruk terus melanda wilayah Situbondo. Kami mengimbau kepada masyarakat selalu berhati - hati," ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,  petugas SAR  gabungan masih melakukan pendataan kepada terdampak banjir rob di 2 kecamatan di Kabupaten Situbondo.  Nelayan juga dihimbau untuk tidak melaut hingga cuaca kembali normal.  

Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut