Ribuan Penari dari Berbagai Provinsi Ikuti Pagelaran Situbondo Ethnic Festival

Riski Amirul Ahmad
.
Minggu, 27 November 2022 | 15:06 WIB
Para Peserta Situbondo Ethnic Festival saat memperagakan Tarian Daerahnya

SITUBONDO, iNewsBondowoso.id – Ribuan penari tampil memukau di acara Situbondo Ethnic Festival (SEF). Kegiatan ini dihadiri para peserta dari 10 provinsi di indonesia dengan menampilkan tarian khas setiap daerah.

Tercatat ada 2.500 orang penari yang ikut tampil dalam festival ini. Ribuan penari ini berlenggak - lenggok membawakan tarian khas daerah masing - masing antara lain yaitu tarian bajidor, tarian komantan tebu, tari kecak, tari blekok dan lainnya. Dengan menggunakan kostum yang indah, penampilan tari tradisional terlihat memukau di karpet perhelatan.

Tari kolosal dari berbagai daerah ini menghibur penonton. Ribuan masyarakat tumpah ruah di alun - alun Kabupaten Situbondo. Mereka antusias untuk melihat secara langsung Situbondo Ethnic Festival.

Para peserta festival berasal dari berbagai provinsi seperti Jawa barat, Jawa tengah, Bali, Kalimantan Timur, sulawesi, hingga Papua.

Robin, salah satu peserta asal Sulawesi mengaku takjub dengan kegiatan ini, dirinya juga sangat senang bisa ikut dalam pagelaran tahunan tersebut.

"Event ini keren sekali, selain mengangkat potensi budaya lokal, kami juga bisa saling bertukar informasi tentang asal - usul tarian dengan para peserta lainnya,"ungkapnya.

Sementara itu Bupati Situbondo Karna Suswandi mengungkapkan jika pihaknya akan terus menggelar kegiatan ini secara berkala untuk mengangkat potensi lokal.
"Pemkab Situbondo berkomitmen untuk terus  mengangkat dan melestarikan segala budaya yang dimiliki agar bisa dikenal lagi secara nasional," ujarnya.

Selain untuk memperkenalkan tarian lokal daerah, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengundang tamu wisatawan lokal atau mancanegara yang nantinya akan berdampak langsung ke perekonomian masyarakat.



Editor : Riski Amirul Ahmad

Follow Berita iNews Bondowoso di Google News

Bagikan Artikel Ini