get app
inews
Aa Read Next : TMMD Ke - 120,  Prajurit TNI Kodim 0823 Situbondo Bangun Sumur Bor

5 Cara Mencegah Mata Minus, Konsumsi Makanan Bergizi dan Stop Merokok

Selasa, 01 November 2022 | 15:52 WIB
header img
Cara mencegah mata minus, konsumsi makanan bergizi dan stop merokok. Foto: Pixabay/felix_w

BONDOWOSO, iNewsBondowoso.id - Mata adalah salah satu indera penglihatan yang sangat penting bagi manusia. Itulah mengapa perawatan mata sangat penting dan harus dilakukan secara berkala agar tidak terjadi gangguan mata minus.

Mata minus sendiri adalah penyakit mata yang biasa terjadi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tentunya kondisi mata minus cukup mengganggu pekerjaan atau aktivitas bagi penderitanya.

Cara mengobati mata minus pun sebenarnya mudah dengan melakukan kebiasan yang sederhana. Bahkan jika rutin dilakukan, tidak menutup kemungkinan Anda akan terbebas normal kembali.

Dilansir dari kanal YouTube MG Channel, inilah 5 cara mencegah mata mata minus hanya dengan melakukan beberapa kebiasaan sederhana.

1. Cek mata secara rutin

Anda dapat memeriksa mata secara rutin setidaknya dilakukan 6 bulan sekali dalam setahun. Jika Anda abaikan, bisa jadi mata mengalami kondisi kabur atau minus yang jika tidak segera ditangani maka akan semakin parah. Pemeriksakan mata secara rutin juga bisa mendeteksi virus mata secara dini agar segera tertangani.

 

2. Konsumsi makanan bergizi

Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan bergizi dan bernutrisi seperti Vitamin A, C, dan E bisa mencegah masalah pada mata. Apabila Anda ingin terhindar dari mata minus atau pun katarak, maka sangat dianjurkan rutin mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, salmon, buah, telur omega3, kacang-kacangan dan sebagainya.

3. Stop merokok

Banyak yang tidak mengetahui bahwa merokok secara aktif juga dapat mengakibatkan mata minus, bahkan menyebabkan kebutaan. Racun yang ada di dalam rokok dapat menyebabkan berbagai resiko penyakit mata. Maka dari itu mulailah hidup sehat dengan berhenti merok, serta mengubahnya dengan kebiasaan yang sehat.

4. Gunakan kacamata hitam saat panas terik

Paparan berlebih sinar ultraviolet dari sinar matahari dalam jangka waktu lama ternyata bisa menyebabkan kerusakan mata seperti katarak dan mata minus. Maka disarankan bagi Anda yang rentan, supaya seger meindungi mata saat beraktifitas di bawah terik panas matahari.

 

5. Beri waktu mata beristirahat

Hendaknya Anda mengistirahatkan mata saat bekerja di depan layar laptop atau komputer, atau membaca. Jika hal ini diabaikan, maka menyebabkan mual, pusing, dan mata sering keluar air.

Itulah 5 cara mencegah mata minus yang bisa Anda lakukan secara rutin. Jika Anda masih mengalami gejala mata lainnya bisa segera menghubungi dokter, atau tempat layanan kesehatan terdekat.

Editor : Taufik Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut