Dua Hektare Padang Savana Kawah Wurung Bondowoso Terbakar

Riski Amirul
Petugas BPBD Saat Melakukan Pemadaman di Lokasi Kebakaran

Bondowoso, INewsBondowoso - Padang savana di kawasan wana wisata kawah wurung Bondowoso terbakar pada  Jum'at Sore. Kobaran api  dengan cepat merambat hingga menyulitkan petugas melakukan pemadaman.

Peristiwa kebakaran yang melanda padang savana di  kawah wurung Desa Kalianyar Kecamatan Ijen. Keringnya hamparan ilalang yang memenuhi padang savana akibat musim kemarau membuat api merambat dengan cepat ke sejumlah titik.

Petugas dan warga pun  kewalahan melakukan pemadaman. Mereka sebisa mungkin memadamkan api dengan cara memukul-mukulkan ranting pohon ke titik api.

Selain itu petugas juga melakukan pemadaman dengan teknik sabit serta membuat ilaran. Adapun total luasan padang savana yang terbakar yaitu mencapai Dua Hektare.


"Memang benar terjadi kebakaran hutan di kawasan kawah wurung, namun berhasil kita padamkan sekitar 16:42 wib," ucap Yuliono Triandana, Kabid Kesiapsiagaan BPBD Bondowoso.

Petugas telah melakukan assesment di lokasi kejadian dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan kebakaran hutan. 

Petugas juga mengimbau kepada para pengunjung agar tidak membuang puntung rokok sembarangan. Terlebih saat ini telah memasuki musim kemarau sehingga areal tersebut rawan terbakar.

Menyuguhkan panorama alam indah dengan bukit teletubbies sebagai ikonnya, kawah wurung merupakan obyek wisata andalan di lereng Pegunungan Ijen Bondowoso.



Editor : Riski Amirul Ahmad

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network