Jelang Idul Kurban, Masyarakat Dihimbau   Waspadai Sapi Alami  Lato-lato

Riski Amirul
drh. Cendy Herdiawan, Kabid Keswan Dinas Peternakan Bondowoso.

Bondowoso, iNewsBondowoso -   Jelang musim kurban, Dinas Peternakan menghimbau agar tetap waspada penyakit LSD atau lato-lato pada ternak sapi di Kabupaten Bondowoso. Peternak diminta segera melapor apabila ditemukan lato-lato, agar dapat segera ditangani secara medis.

Penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) masih menjangkit sejumlah ternak sapi di  Bondowoso. Penyakit ini dikenal peternak dengan nama lato-lato yakni terdapat benjolan dalam jumlah banyak pada kulit sapi.

Jelang musim kurban petugas telah menyiapkan tim kesehatan hewan untuk memonitor kesehatan hewan ditengah penyakit LSD yang saat ini masih menjadi kewaspadaan petugas.

Data Dinas Peternakan setempat, jumlah kasus LSD seluruhnya di 23 Kecamatan yakni 1039  dengan jumlah kesembuhan 875 ternak sapi. Sampai saat ini jumlah vaksin yang diberikan telah mencapai angka 2536 dosis.

Peternak dan pedagang juga gencar diberi himbauan tentang himbauan kesehatan ternak diantaranya kandang harus selalu bersih bila perlu dengan penyemprotan desinfektan secara rutin.

Para peternak diminta agar segera melapor jika terdapat ternaknya yang memiliki ciri-ciri klinis terjangkit penyakit LSD  agar segera tertangani oleh petugas kesehatan hewan.

"Penyakit hewan ini sudah tersebar di beberapa Kecamatan, namun petugas kami di lapangan sudah menyediakan obat - obatan untuk melayani ternak yang sakit milik masyarakat," ucap  drh. Cendy Herdiawan, Kabid Keswan Dinas Peternakan Bondowoso.

Petugas akan terus  melakukan pemantauan hewan ternak yang terindikasi mengalami LSD. 



Editor : Riski Amirul Ahmad

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network