Jelang Idul Adha  Petugas Rutin Cek Kesehatan Hewan di Pasar

Riski Amirul
Pasar Hewan Kabupaten Bondowoso

Bondowoso, iNewsBondowoso -   Harga sapi layak kurban di Bondowoso menjelang hari raya idul adha masih terpantau stabil. Meski begitu tim dokter hewan terus melakukan pemantauan dan jalur lalu lintas ternak.

Menjelang hari raya idul adha, harga hewan ternak utamanya sapi di Kabupaten Bondowoso masih terpantau stabil. Sapi dari peternak asli bondowoso masih mencukupi untuk kebutuhan pasar  bahkan beberapa sapi dikirim untuk memenuhi kebutuhan di kabupaten lainnya.


Untuk sapi layak kurban yang berbobot 3 hingga 4 kwintal berkisar antara 18 juta hingga 20 juta rupiah. Sementara untuk sapi berbobot 5 kwintal lebih harga pasarannya diatas 25 juta rupiah.

Mengantisipasi adanya penyakit yang mudah menular seperti LSD dan PMK  yang saat ini masih ditemukan menyerang ternak, petugas Dinas Peternakan Bidang Kesehatan hewan terus melakukan pemantauan dan sampling pemeriksaan terhadap ternak sapi di pasaran. Selain itu juga dilakukan monitoring lalu lintas ternak yang masuk dari wilayah lain.

Cendy Herdiawan, Kabid Keswan Dinas Peternakan Perikanan Bondowoso mengatakan pihaknya telah menyiagakan tenaga kesehatan hewan menjelang idul adha.

"Selama beberapa waktu ke depan kami akan terus bersiaga untuk memonitor perkembangan kesehatan hewan kurban," ungkapnya.

Dihimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati memilih hewan kurban.  Ciri hewan sehat antara lain hidung basah, mata cerah, kulit mulus mengkilat dan badan hewan padat berisi. 



Editor : Riski Amirul Ahmad

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network